KilasKorporasi/Infrastruktur & Utilitas

KONTAN.CO.ID - Emiten perusahaan konstruksi PT Waskita Beton Precast Tbk (kode saham WSBP) akan segera menyelesaikan suplai beton untuk proyek Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi II ruas Cigombong – Cibadak Jembatan Utama sepanjang 11,9 km. Director of Operations PT Waskita Beton Precast Tbk Sugiharto menjelaskan, WSBP berkomitmen menyelesaikan proyek tersebut agar rampung sesuai target pada triwulan I tahun 2023.

Hal itu dibuktikan dengan pengerahan empat pabrik milik perusahaan yang terdiri dari satu pabrik di Bojonegoro dan tiga pabrik di kawasan Jawa Barat (Jabar), yakni Karawang, Subang, dan Sadang. WSBP nantinya akan mengoptimalkan keempat pabrik tersebut untuk memproduksi dan menyuplai produk Spun Pile (tiang pancang bulat) berdiameter 600 mm, Full Slab (lantai jembatan), dan PCI Girder (balok beton). Ada dua batching plant (BP) milik WSBP terdekat yang akan menyuplai produk Readymix, yaitu BP Parung Kuda dan BP Cigombong.

“Ini merupakan kontribusi kami dalam menyuplai jalan tol yang termasuk dalam rangkaian Proyek Strategis Nasional (PSN) Pemerintah,” ujar Sugiharto pada Jumat (27/1/2023).

Dengan produk yang terbukti kokoh dan bermutu tinggi dari produk precast dan readymix, Sugiharto memastikan WSBP konsisten memberikan produk berkualitas yang memberikan kenyamanan pengendara. Jalan tol yang menggunakan produk berkualitas dan kokoh berguna untuk ketahanan konstruksi jalan tol dalam jangka panjang.

“Kami selalu berkomitmen untuk menyuplai produk precast yang berkualitas tinggi, tahan lama, dan tentunya pengiriman produk tepat waktu,” sambung Sugiharto.

Setelah Jalan Tol Bocimi Seksi II selesai, nantinya WSBP akan menyuplai produk lainnya untuk Jalan Tol Bocimi Seksi III Cibadak – Sukabumi Barat sepanjang 13,7 km. Sugiharto mengungkapkan, produk yang akan disuplai tidak jauh berbeda dengan konstruksi Jalan Tol Bocimi lainnya.

Kontan - PT Waskita Beton Precast Tbk Kilas Online

“Kami akan menyuplai produk precast Spun Pile, PCI Girder, Full Slab, CCSP dari Plant Sadang, Plant Karawang, dan readymix dari BP Bocimi. Proses suplai akan dimulai pada tahun 2023 dan ditargetkan selesai pada tahun 2024,” imbuh Sugiharto.

Setelah pembangunan rampung, Sugiharto berharap Jalan Tol Bocimi mampu mempercepat laju pengiriman logistik, memudahkan mobilitas masyarakat, meningkatkan kunjungan wisatawan, serta menghidupkan perekonomian masyarakat wilayah Bogor, Ciawi, Sukabumi, dan sekitarnya.

Sebagai informasi, sebelumnya WSBP telah menyelesaikan suplai untuk Proyek Jalan Tol Bocimi Seksi I Ruas Ciawi – Cigombong sepanjang 15,35 km pada tahun 2019 menggunakan produk PCI girder, spun pile, CCSP, dan readymix.

Agar cepat rampung, WSBP kemudian menyuplai beberapa produk untuk proyek Jalan Tol Bocimi Seksi II dari tahun 2018. Sampai saat ini, progress suplai produk precast sudah mencapai 100% dan readymix sebesar 97,77% untuk Jalan Tol Bocimi Seksi II.


Share :